Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit Tumor Jinak

By | June 8, 2017

Apa Itu Tumor Jinak?

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit Tumor Jinak | Tumor jinak adalah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Tidak seperti tumor kanker, mereka tidak menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh. Tumor jinak dapat terbentuk di mana saja. Jika anda menemukan benjolan atau massa di dalam tubuh anda yang dapat dirasakan dari luar, anda mungkin langsung menganggap itu adalah kanker. Misalnya, wanita yang menemukan benjolan di payudara mereka selama pemeriksaan sendiri sering merasa khawatir. Namun, sebagian besar pertumbuhan payudara adalah jinak. Pada kenyataannya, banyak pertumbuhan seluruh tubuh adalah jinak. Pertumbuhan jinak yang sangat umum, dengan 9 dari 10 wanita memperlihatkan payudara jinak perubahan jaringan. Tumor tulang jinak, demikian pula, memiliki prevalensi yang lebih tinggi dari tumor tulang ganas.

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit Tumor Jinak

Penyebab Tumor Jinak

Penyebab pasti dari tumor jinak sering tidak diketahui. Hal ini terjadi ketika sel-sel dalam tubuh membelah dan tumbuh di sebuah nilai tukar yang berlebihan. Biasanya, tubuh mampu untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan pembelahan sel. Ketika tua atau rusak sel-sel mati, mereka secara otomatis diganti dengan yang baru, sel-sel sehat tentunya. Dalam kasus tumor, sel-sel mati tetap dan bentuk pertumbuhan yang dikenal sebagai tumor.

Sel-sel kanker tumbuh dengan cara yang sama. Namun, tidak seperti sel-sel pada tumor jinak, sel-sel kanker dapat menyerang jaringan di dekatnya dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Jenis Tumor Jinak

Ada jumlah yang adil dari tumor jinak yang dapat berkembang di berbagai bagian tubuh. Tumor jinak adalah diklasifikasikan berdasarkan di mana mereka tumbuh. Lipoma, misalnya, tumbuh dari sel-sel lemak, sedangkan mioma tumbuh dari otot. Berbagai jenis tumor jinak yang termasuk di bawah ini :

  • Adenoma dalam bentuk lapisan tipis jaringan yang menutupi kelenjar, organ, dan struktur internal lainnya. Contohnya termasuk polip yang terbentuk di usus besar atau pertumbuhan pada hati.
  • Lipoma tumbuh dari sel-sel lemak adalah jenis yang paling umum dari tumor jinak, menurut Cleveland Clinic. Mereka sering ditemukan di punggung, lengan, atau leher. Mereka biasanya lembut dan bulat, dan dapat bergerak sedikit di bawah kulit.
  • Mioma tumbuh dari otot atau di dinding pembuluh darah. Mereka juga dapat tumbuh di otot polos, seperti jenis yang ditemukan di dalam organ tubuh seperti rahim atau perut.
  • Nevi juga dikenal sebagai tahi lalat. Ini adalah kanker pertumbuhan pada kulit dan mereka sangat umum.
  • Fibroid, atau Fibroma, dapat tumbuh di jaringan fibrosa yang ditemukan pada setiap organ. Mereka yang paling umum di dalam rahim, di mana mereka dikenal sebagai fibroid rahim.

Dalam banyak kasus, tumor jinak ini akan dipantau secara hati-hati. Kanker tahi lalat atau polip usus besar, misalnya, bisa berubah menjadi kanker di kemudian waktu. Beberapa jenis internal tumor jinak dapat menyebabkan masalah lain. Uterine fibroid dapat menyebabkan nyeri panggul dan perdarahan abnormal, dan beberapa tumor internal mungkin membatasi pembuluh darah atau menyebabkan nyeri dengan menekan pada saraf.

Siapa pun dapat mengembangkan tumor jinak, termasuk anak-anak, meskipun orang dewasa lebih mungkin untuk mengembangkan mereka dengan bertambahnya usia.

Gejala Tumor Jinak

Tidak semua tumor, kanker atau jinak, memiliki gejala. Tergantung pada lokasi tumor terjadi, banyak gejala dapat mempengaruhi fungsi dari organ-organ penting atau indera. Misalnya, jika anda memiliki jinak tumor otak, anda mungkin mengalami sakit kepala, masalah penglihatan, dan hilang ingatan. Jika tumor berada dekat dengan kulit atau di suatu area dari jaringan lunak seperti perut, massa dapat dirasakan dengan sentuhan.

Tergantung pada lokasi, mungkin gejala dari tumor jinak meliputi :

  • Menggigil.
  • Ketidaknyamanan atau nyeri.
  • Kelelahan.
  • Demam.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Berat badan turun mendadak.

Tumor jinak dapat menjadi cukup besar untuk dideteksi, terutama jika mereka dekat dengan kulit. Namun, paling tidak cukup besar untuk menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit. Mereka dapat dihapus jika jenis mereka adalah Lipoma, misalnya, dapat menjadi cukup besar untuk mendeteksi, tetapi umumnya lembut, bergerak, dan tanpa rasa sakit. Beberapa perubahan warna kulit akan tampak jelas dalam kasus tumor jinak yang muncul pada kulit, seperti nevi. Apa pun yang terlihat abnormal harus dievaluasi oleh dokter.

Diagnosis Tumor Jinak

Dokter menggunakan berbagai teknik untuk mendiagnosa tumor jinak. Kunci diagnosis adalah untuk menentukan apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Hanya tes laboratorium yang dapat mengetahui hal ini dengan pasti. Dokter anda mungkin mulai dengan melakukan pemeriksaan fisik dan pengumpulan riwayat kesehatan anda. Mereka juga akan bertanya tentang gejala-gejala yang anda alami.

Banyak internal tumor jinak yang ditemukan dan terletak dengan tes pencitraan, seperti :

  • CT scan.
  • MRI scan.
  • Mammogram.
  • Ultrasound.
  • Sinar-X.

Tumor jinak memiliki batas visual dari suatu kantung pelindung yang membantu dokter mendiagnosa mereka sebagai jinak. Dokter juga dapat melakukan tes darah untuk memeriksa adanya kanker spidol. Dalam kasus lain, dokter akan mengambil biopsi dari tumor untuk menentukan apakah itu jinak atau ganas. Biopsi akan lebih atau kurang invasif tergantung pada lokasi tumor. Tumor kulit mudah untuk menghapus dan hanya memerlukan anestesi lokal, sedangkan polip usus akan memerlukan kolonoskopi, misalnya, dan tumor lambung mungkin memerlukan endoskopi.

Pengobatan Tumor Jinak

Tidak semua tumor jinak membutuhkan pengobatan. Jika tumor kecil dan tidak menimbulkan gejala, dokter mungkin merekomendasikan mengambil untuk menunggu pendekatan. Dalam kasus ini, pengobatan bisa menjadi lebih berisiko daripada membiarkan tumor. Beberapa tumor tidak perlu juga untuk pengobatan.

Jika dokter anda memutuskan untuk mengejar pengobatan, pengobatan khusus akan tergantung pada lokasi tumor. Mungkin dihapus untuk alasan kosmetik, misalnya, itu terletak pada wajah atau leher. Tumor lain yang mempengaruhi organ-organ, saraf, atau pembuluh darah biasanya dihilangkan dengan pembedahan untuk mencegah masalah lebih lanjut.

Operasi Tumor ini sering dilakukan dengan menggunakan teknik endoskopi, yang berarti instrumen yang terdapat di dalam tabung seperti perangkat. Teknik ini membutuhkan lebih kecil sayatan bedah, jika ada sama sekali, dan kurang waktu penyembuhan.

Baca juga :

Prosedur seperti di atas endoskop dan kolonoskopi memerlukan hampir tidak ada waktu pemulihan, meskipun pasien membutuhkan seseorang untuk membawa mereka pulang dan kemungkinan akan tidur selama sisa hari. Tumor kulit biopsi mengambil beberapa minggu untuk sepenuhnya sembuh dan memerlukan dasar prosedur pemulihan seperti mengganti perban dan menjaganya agar tetap tertutup.

Lebih invasif pengobatan, waktu pemulihan akan lebih dibutuhkan. Pemulihan dari jinak tumor otak penghapusan, misalnya, dapat memakan waktu lebih lama. Bahkan setelah dihapus, anda mungkin perlu terapi wicara, terapi okupasi atau fisioterapi untuk mengatasi masalah tumor yang tertinggal.

Jika operasi tidak dapat dengan aman mengakses tumor, dokter anda mungkin meresepkan terapi radiasi untuk membantu mengurangi ukuran atau mencegah tumbuh lebih besar. Dengan tetap menjaga pola hidup sehat, berolahraga, dan makan diet seimbang dapat mencegah masalah kesehatan termasuk beberapa jenis kanker, tidak ada pengobatan alternatif untuk tumor jinak pada mereka sendiri.

Cara Mengatasi Tumor Jinak

Banyak tumor jinak dapat ditinggalkan sendirian jika mereka tidak menunjukkan gejala dan membuat tidak ada komplikasi. Anda akan diberitahu untuk hanya mengawasi dan memperhatikan perubahan. Jika anda tidak memiliki tumor yang dihilangkan, dokter anda mungkin telah datang untuk pemeriksaan rutin atau imaging scan untuk memastikan bahwa tumor tidak tumbuh lebih besar.Asalkan tumor tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, dan itu tidak berubah atau berkembang, anda dapat hidup dengan tumor jinak tanpa batas.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengunjungi Dokter?

Sementara banyak pertumbuhan dan tumor akan berubah menjadi jinak, itu masih menjadi ide yang baik untuk membuat janji dengan dokter anda segera setelah anda mendeteksi pertumbuhan atau gejala-gejala baru yang bisa menunjukkan adanya tumor. Ini termasuk lesi kulit atau tahi lalat.

Hal ini juga penting untuk membuat janji dengan dokter anda jika anda melihat adanya perubahan pada tumor yang sebelumnya didiagnosis sebagai tumor jinak, termasuk pertumbuhan atau perubahan gejala. Beberapa jenis tumor jinak yang dapat menjadi kanker dari waktu ke waktu, dan deteksi dini dapat membuat semua perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *